Cerita Sunnah Sesuai Waktu – Sunnah Petang Hari

Judul : Cerita Sunnah Sesuai Waktu – Sunnah Petang Hari

Pengarang : Anisa Widiyarti dan Orange Nira

Penerbit : Qibla

Peresensi : Zulfa Alya Putri

Sinopsis : 

Syafia ingin pergi ke masjid, tetapi ketika dia keluar rumah, Nayla mengikutinya karena Nayla ingin bermain di luar. Kemudian, Syafiq dengan sabar menjelaskan bahwa bermain di luar rumah pada saat waktu maghrib tidak diperbolehkan. Setelah itu, Syafiq segera mengajaknya untuk masuk ke dalam rumah. Syafiq kemudian menjelaskan kepada Nayla bahwa hal itu adalah sunnah Rasulullah SAW. Dia juga menutup pintu dengan membaca basmalah sebagai tanda perlindungan. Syafiq kembali menjelaskan semua langkah yang dia lakukan termasuk dalam rangka sunnah pada waktu petang. Nayla membalas bahwa sunnah itu tidak wajib. Syafiq menjawab bahwa sunnah bertujuan untuk melindungi umat Islam. Syafiq juga menjelaskan bahwa awal malam adalah waktu di mana setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Ketika keluar rumah, kita harus membaca basmalah atau doa perlindungan. Selain itu, pada waktu petang juga ada shalat sunnah 2 rakaat sebelum shalat maghrib. Kemudian, adzan terdengar dan Syafiq sedang tertidur. Ia menyatakan bahwa tidur sebelum isya’ adalah makruh, yaitu hal yang memperoleh pahala jika ditinggalkan. Rasulullah membenci tidur sebelum isya’, jadi jika merasa mengantuk, harus ditahan sampai waktu isya’. Nayla pun berterima kasih kepada Syafiq atas pengajaran yang diberikan.

Keunggulan buku ini yaitu memiliki gambar-gambar yang menarik dan lucu, dilengkapi dengan hadits, serta dijelaskan dengan lengkap sunnah-sunnah di petang hari. 

kekurangan dari buku ini yaitu adanya kata-kata yang tidak sesuai dengan ejaan yang disepurnakan dan kata-kata yang tidak baku.

 

Rating :
4.7/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *