Pustakawan SD Muhammadiyah 4 Kota Malang beserta Pustakawan Early Years Sekolah Ciputra

Perpustakaan MUPAT Mempererat Kolaborasi dengan Learning Resource Centres SD Sekolah Ciputra Surabaya

Pustakawan Perpustakaan MUPAT melaksanakan kunjungan ke Learning Resource Centres (LRC) SD Sekolah Ciputra Surabaya pada Jum’at, 19 Januari 2024. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk memahami dan mempelajari manajemen layanan dan aktivitas perpustakaan di SD Sekolah Ciputra. Sekolah ini dipilih karena memiliki sistem dan program yang unik, tidak seperti perpustakaan sekolah pada umumnya.

Kedatangan staff perpustakaan disambut hangat oleh Christine Stayte, Early Years Coordinating Principal, dan Diana Sumadianti, Early Years Principal. Diskusi pun dimulai dengan LRC Coordinator, Amelia Marihesya (Bu Echa), serta pustakawan, Bu Dewi dan Pak Lilik. Beragam topik dibahas, mulai dari sejarah, program, manajemen, inovasi, sistem otomasi perpustakaan, hingga pertukaran informasi.

Diskusi antara Pustakawan SD Muhammadiyah 4 Kota Malang beserta Pustakawan SD Sekolah Ciputra
Diskusi antara Pustakawan MUPAT beserta Staff LRC PYP Sekolah Ciputra

Setelah diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan tur ke seluruh ruang perpustakaan dan koridor sekolah. Sebagai penggerak literasi di sekolah internasional dengan standar tinggi, perpustakaan ini memiliki lebih dari 27.000 buku dan efisien dalam mendistribusikan serta memenuhi kebutuhan pembacanya. Ruang perpustakaan didesain luas dan nyaman, mampu menampung kegiatan assembly class setiap hari. Pustakawan MUPAT juga kagum dengan kehadiran kelas literasi di setiap rombongan belajar, diampuh oleh native speaker, serta adanya book corner di setiap area sirkulasi dan kelas.

Yang menarik perhatian Pustakawan MUPAT adalah kepedulian sekolah terhadap literasi, terlihat dari adanya billboard karya literasi setiap siswa di depan kelas. Hampir semua dinding dihiasi dengan karya-karya literasi, dan terdapat area exhibition yang menampilkan karya literasi dan seni yang luas. Kunjungan juga mencakup perpustakaan PAUD/TK (Early Years) yang dikelola oleh Bu Wulan, di mana anak-anak sejak usia dini diperkenalkan dengan dunia literasi melalui bacaan yang menarik.

Room Tour di salah satu book corner SD Sekolah CIputra
Room Tour di salah satu book corner SD Sekolah CIputra
Ruangan koridor di setiap kelas memiliki billboard karya literasi siswa
Pustakawan SD Muhammadiyah 4 Kota Malang mengamati karya literasi siswa SD Ciputra Surabaya
Pustakawan MUPAT mengamati karya literasi siswa SD Ciputra Surabaya
Salah satu sudut shared area menampilkan karya-karya siswa
Bu Wulan berbagi pengalaman dalam mengelolah perpustakaan pada fase usia dini

Sebagai tindak lanjut positif, Perpustakaan MUPAT dan LRC melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan tiga rencana kegiatan pada tahun 2024: design thinking for libraries, pengembangan kegiatan ecoliteracy menuju green library, dan Training of Trainer (ToT) for English Club Trainer. Kolaborasi ini diharapkan akan meningkatkan kualitas dan layanan kedua perpustakaan. Semoga kerjasama ini berdampak positif bagi kemajuan literasi di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Perpustakaan SD Muhammadiyah 4 Kota Malang dan LRC Early Years Sekolah Ciputra
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Perpustakaan Mupat dan LRC Early Years Sekolah Ciputra
Pustakawan SD Muhammadiyah 4 Kota Malang dan LRC EYP Sekolah Ciputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *